Fo Guang Shan ( 佛光山 ) - ( Budha Memorial Centre )



Blogger  +Yoshita Waluyo 



Fo Guang Shan ( 佛光山)


Fo Guang Shan ( Budha Memorial Centre ) atau dalam aksara China tradisional ditulis ( 佛光山 ) yang berarti " Gunung terang Budha " adalah sebuah gerakan agama baru Budha Tiongkok Internasional yang berbasis di Taiwan.
Biara terbesarnya terletak di  No.153, Xingtian Road, District Dashu Kaohsiung City,Taiwan.

Fo Guang Shan di dirikan pada tahun 1967 oleh Hsing Yun yang mengajarkan Budhisme Humanistik dari aliran Budha Mahayana. Hsing Yun juga sebagai pewaris Dharma alam aliran Linji Chan Tiongkok.
Organisasi Fo Guang Shan ini juga disebut sebagai Komunitas Progress Budhisme International.



Hsing Yun, Pendiri Fo Guang Shan


  • Lambang Fo Guang Shan
Lambang Fo Guang Shan ( FGS ) yang digunakan untuk seluruh cabang kuil atau biara dan organisasi yang berafiliasi FGS. adalah, Budha yang sedang berdiri mewakili Budha Amitabha.

Logo Fo Guang Shan

Tujuan didirikannya Fo Guang Shan sendiri adalah untuk mengajarkan " Budhisme Humanistik ".

Salah satunya yaitu :
  • Tiga tindakan kebaikan
  1. Perbuatan baik
  2. Perkataan baik
  3. Pikiran baik
  • Empat pemberian
  1. Memberikan kepercayaan diri untuk orang lain.
  2. Memberikan kebahagiaan untuk orang lain.
  3. Memberikan harapan untuk orang lain.
  4. Memberikan kemudahan untuk orang lain.

  • Gedung Depan Fo Guang Shan
Tampak depan Fo Guang Shan

Tampak halaman depan Fo Guang Shan terlihat megah dengan dua gajah putih dan satu ekor singa. dibagian dalamnya terdapat beberapa food court, aneka jajanan juga minuman.
kedai teh yang menyediakan beragam jajanan khas Taiwan, yang tak kalah menarik adalah malanan dengan ragam vegetable di restoran vegetarian nya. sangat cocok untuk Anda yang tak hobi makan daging dagingan.


  • Halaman dalam Fo Guang Shan
Tampak halaman dalam Fo Guang Shan

Dibagian dalamnya Fo Guang Shan terdapat satu patung besar Amitabha setinggi 36meter atau 132kaki dengan 8 pagoda.
masing masing pagoda memiliki tujuan dan fungsinya masing masing.


  1. Pagoda 1  : Mengajarkan tentang Budhisme Humanistik yang mengacu pada cara untuk mencapai kebahagiaan. fungsi gedung ini adalah untuk forum atau pertemuan juga bisa untuk disewakan.
  2. Pagoda 2 : Forum atau majelis yang mengacu pada hubungan antara Sangha dan Umat awam. gedung ini dirancang khusus untuk anak anak untuk berinteraksi melalui permainan untuk belajar mengenai 3 tindakan.
  3. Pagoda 3 : Kebaikan, mengacu pada kesinambungan antara perbuatan, ucapan dan pikiran. fungsinya sebagai ruang administrasi.
  4. Pagoda 4 : Pemberian, empat pemberian adalah melalui kepercayaan, kebahagiaan, harapan dan kemudahan.
  5. Pagoda 5 : Keharmonisan, mengacu pada keharmonisan pribadi yang dicapai melalui kebahagiaan dan rasa hormat, keharmonisan keluarga yang dicapai melalui rasa saling pengertian, keharmonisan sosial yang dicapai melalui kerja sama, dan keharmonisan dunia yang dicapai melalui perdamaian.
  6. Pagoda 6 : Kesempurnaan, terdiri dari pemberian, etika, kesabaran, ketekunan, meditasi dan kebijaksanaan. fungsinya sebagai tempat untukmenyaksikan Master Hsing Yun melukiskan hasil kaligrafinya dengan menggunakan.mata batinnya melalui video 3 Dimensi.
  7. Pagoda 7 : Peringatan, mengacu pada peringatan obat obatan.terlarang, pornografi, kekerasan, mencuri, perjudian, Alkohol, kata kata kasar. melalui ketujuh peringatan itu, khalayak di ingatkan akan pola pikir positif.
  8. Pagoda 8 : Jalan utama, menunjukan  delapan unsur yang membawa seseorang menuju pencerahan, pikiran, pengertian, ucapan, perbuatan, pencaharian, daya upaya, perhatian dan konsentrasi yang benar. fungsi tempat ini adalah sebagai tempat istirahat dimana pengunjung bisa menyaksikan video pengantar.

Itulah beberapa gambaran dari sebagian kecil gedung Fo Guang Shan.
Fo Guang Shan selain menjadi pusat pendidikan agama Budha juga menjadi salah satu Objek wisata favorit dikota Kaohsiung, objek wisata ini bisa ditempun kurang lebih 30 menit dari pusat kota Kaohsiung menggunakan mobil atau menggunakan Taxi.


  • Short travelling bareng temen temen
Yos, Iis, Listy, Endah


Yos, Maya, Endah, Wati, Listy, Iis

Yos, Endah


Yos, Iis




Yos, Listy, Iis







Selamat menjadi bagian dari pengunjung Fo Guang Shan yaa ^^ …


Courtesy : Short travelling, Googling
Diberdayakan oleh Blogger : +Yoshita Waluyo 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Amalan sebelum tidur yang diajarkan Rasulullah saw

Untuk wanita, hal yang paling sulit ketika harus memilih adalah " Karir atau Menikah ".